David Archuleta Profile

8:08:00 AM

BIODATA DAVID ARCHULETA

Nama lengkap: David James Archuleta
Nama Panggilan: Archie
Lahir: Miami, Florida,28 Desember 1990
Tinggi: 173 cm
Hari Favorit: Minggu
Warna Favorit: Jingga, kuning, dan hijau muda
film Favorit: Finding Nemo dan Film-film produksi Pixar



karir menyanyinya dimulai saat dia jadi runner -up
american idol di musim ke tujuh . nah, sekarang sih david archuleta memang sudah jadi idola terkenal, tapi siapa sangka kalau dulu dia sempat merasa enggak seorang pun menyukainya.

besar di keluarga musisi, enggak heran kalau david archuleta atau archie punya bakat nyanyi yang hebat.
ayahnya jeff archuleta seorang musisi jazz, sedangkan ibunya, lupe marie archuleta seorang penyanyi dan juga penariasal Honduras. sejak kecil archie tumbuh dengan mendengarkan musik-musik jazz, gospel, pop, rock dan soul.

Pada usia sepuluh tahun, David menyanyi untuk pertama kalinya dihadapan publik. Ia mengikuti kompetisi menyanyi Utah dan menyanyikan lagu Dolly Parton yang berjudul “ I Will Always Love You “, Ia memperoleh sambutan yang sangat meriah dari penduduk Utah yang menontonnya dan menjuarai kategori anak-anak. Di usia sebelas tahun ia memulai debutnya di televisi pada Jenny Jones Shows dalam episode future latino stars dengan menyanyikan lagu “ And I telling You I’m Not Going”
David Archuleta pernah mengalami kerusakan pita suara akibat penyakit bronkhitis yang menyerangnya setelah ia mengikuti Star Search. Salah satu pita suaranya lumpuh, yang mengakibatnya ia terdengar seperti kesulitan bernapas apabila bernyanyi ataupun berbicara. David pernah ditawari untuk melakukan operasi, tetapi operasi tesebut terlalu beresiko sehingga David memutuskan tidak akan melakukan operasi. Kini Ia merasa bahwa ia telah sembuh total dari penyakitnya.

Pengaruh Musik

Pada banyak kesempatan wawancara David menyebutkan bahwa ia sangat menyukai musik-musik John Mayer, Natasha Bedingfield, Sara Bareilles, dan Jason Mraz. Dalam wawancaranya yang terbaru di acara The View , 24 Juni 2008, Ia menyebutkan bahwa ia sangat mengidolakan Eva Cassidy. Dalam sesi tanya jawab American Idol ia menyebutkan nama Natalie Cole, Stevie Wonder, Kirk Franklin, dan Bryan Adams sebagai pemusik yang memengaruhi musiknya. Tamyra Gray, Elliot Yamin, Jennifer Hudson, Jordin Sparks, dan Fantasia sebagai alumni American Idol favoritnya.
Saat kecil, David yang ayahnya ialah pemusik Jazz dan ibunya penyanyi latin banyak mendengarkan musik jazz, gospel, pop, rock dan soul. Sedangkan ibunya sering memainkan musik yang membuat ia dan saudara-saudaranya menari. Selain itu, David juga mengutarakan dalam beberapa wawancara bahwa ia menyukai musik Broadway.

Star Search

Dengan bakat luar biasa yang dimilikinya, David Archuleta mengikuti kompetisi menyanyi Star Search dan menjadi juara di kategori anak-anak pada usia dua belas tahun. Di Star Search ia bersaing dengan Alexandrea Lushington, yang tenyata mengikuti American Idol bersama David. Ia memperoleh $100.000 sebagai hadiah menjadi juara di Star Search.
Kemenangannya di Star Search membuat David memperoleh kesempatan tampil di The Jenny Jones Show and CBS The Early Show. Selain tampil diberbagai talk show ia juga berkesempatan bertemu kontestan American Idol musim pertama dan menyanyikan lagu “ And I’m Telling You I’m Not Going “ untuk mereka. Seluruh kontestan American Idol terpesona oleh keberanian dan suara yang dimiliki David.
Sayangnya setelah ia mengikuti Star Search ia mengalami bronkhitis yang mengakibatnya salah satu pita suaranya lumpuh. Selain itu hal itu juga menyebabkan David gagal memperoleh kontrak rekaman. Semenjak usia sebelas tahun hingga sekarang David memiliki pelatih vokal pribadi yang merupakan salah satu pelatih vokal ternama Amerika Serikat yang bernama Dean Kaelin. Dean Kaelin membantu proses penyembuhan pita suara David. Selama sakit, David memutuskan untuk mempelajari piano dan menulis beberapa lagu.
Beberapa lagu yang dinyanyikan David sebelum ia mengalami kelumpuhan pita suara 1. A Moment Like This 2. Climb Every Mountain 3. A House Is Not A Home 4. Get Here 5. Who’s Loving You 6. Fallin’ 7. I surrender 8. Wind Beneath My Wings 9. Ain’t No Sunshine 10. Nature Boy 11. Contigo En La Distancia 12. Star-Spangled 13. Banner 14. Don’t Tell Me 15. God Bless America 16. Imagine 17. All I Nedd 18. Dream Sky High

American Idol


David Archuleta saat American Idol.

Audisi

Berdasarkan eBook milik Dean Kaelin "An Insider View", sebenarnya Ia tidak yakin bahwa David memutuskan untuk mengikuti audisi American Idol musim ketujuh. Walau akhirnya David memutuskan untuk mengikuti audisi di kota San Diego, California yang diselengarakan pada tanggal 30 Juli dan 31 Juli 2007. David menyanyikan lagu Waiting On The World To Change milik John Mayer.
Walau ia sempat lupa lirik pada pertengahan lagu, akan tetapi ketiga juri sepakat bahwa David layak mendapatkan tiket emas menuju Hollywood. Saat mengahadiri wawancara di Larry King Live, David mengutarakan bahwa ia tidak lolos pada seleksi pertama oleh produser American Idol, tetapi saat ia dan ayahnya bersiap untuk pulang, ia dipanggil kembali dan diizinkan mengikuti tahap berikutnya, yaitu bernyanyi di hadapan Randy Jackson, Paula Abdul dan Simon Cowell.

Hollywood Week

Pada hari pertama Hollywood week, David menyanyikan lagu Crazy milik Gnarls Barkley yang disebut-sebut sebagai audisi tebaik sepanjang sejarah American Idol, sayangnya akibat masalah hak cipta, penampilan David saat menyanyikan lagu tersebut tidak pernah diperlihatkan ke publik. David pun lolos dengan mudah ke audisi terakhir Hollywood week.
Pada hari ketiga Hollywood week atau dikenal sebagai audisi terakhir untuk menentukan kontestan di 24 besar, David menyanyikan lagu hit milik Bryan Adams yang berjudul Heaven. Ia memperoleh pujian dari ketiga juri, bahkan Randy Jackson mengatakan bahwa penampilan David ialah penampilan terbaik sepanjang Hollywood Week. Menilai penampilan memukau David di Hollywood Week, maka tidak heran apabila David dapat dengan mudah memperoleh tiket ke babak 24 besar.

24 Besar

1. Tema : Musik-musik tahun 1960an

Pada ebook yang ditebitkan oleh Dean Kaelin “ An Insider View” diutakan bahwa pilihan lagu-lagu yang akan dibawakan David ialah “Light My Fire”, “Ballad of Billy Jo” and “Both Sides Now”. Light My Fire batal dinyanyikan oleh David karena ternyata lagu itu telah dipilih oleh Michael Johns. Sedangkan lagu Ballad of Billy Jo dinilai terlalu panjang dan tidak mungkin dipotong menjadi lagu berdurasi dua menit dan lagu Both Sides Now dinilai kurang mengeksplor kemampuan vokal David. Akhirnya, lagu “Shop Around” milik The Miracles dipilih oleh David, Jeff dan Dean. Setelah menyanyikan lagu tersebut David memperoleh komentar positif dan berhasil mencuri perhatian jutaan penonton American Idol diseluruh dunia.

2. Tema : Musik-musik tahun 1970an

Setelah menyanyikan lagu bertempo cepat pada minggu sebelumnya, David memutuskan untuk menyanyikan lagu Imagine milik John Lennon. Pada beberapa wawancara David menyebutkan bahwa versi Imagine yang ia nyanyikan ialah improvisasi dari versi yang pernah dinyanyikan oleh Jennifer Hudson pada musik ketiga American Idol.
Setiap penyanyi pasti memiliki momen ajaib yang mengakibatkan mereka dikenal oleh jutaan orang. Imagine dapat dikatakan sebagai momen ajaib itu. David menjadi sorotan pada malam itu, karena menyanyikan lagu tersebut tanpa cela. Bahkan Simon Cowell mengatakan bahwa David adalah kontestan yang kualitasnya berada jauh diatas para pesaingnya. Selain membuat David menjadi unggulan utama dalam perbutan titel American Idol, tenyata Yoko Ono, yang memiliki hak cipta lagu-lagu milik John Lennon mengizinkan pihak American Idol untuk menggunakan lagu-lagu John Lennon, karena Yoko Ono sangat menyukai versi Imagine yang dinyanyikan oleh David.

3. Tema : Musik-musik tahun 1980an

Pada minggu ini, David mengalami beberapa kendala dalam pemilihan lagu. Lagu You’re The Voice yang pernah dinyanyikan di Australian Idol tidak mendaptkan izin untuk dinyanyikan David. Oleh karena itu David akhirnya memilih lagu milik Phil Collins yang berjudul ”Another Day In Paradise”. Selain itu tidak banyak yang tahu bahwa pada minggu tersebut David mengalami Radang Tenggorokan yang mengakibatkan ia sulit bernyanyi. Dia menyanyikan lagu ”Another Day In Paradise” ditemani oleh piano yang ia mainkan sendiri. Walau menurut para juri penampilannya tidak sebagus ”Imagine” tetapi Simon mengklaim bahwa David akan menjadi salah satu kontestan yang akan menjadi finalis. Prediksi yang kemudian terbukti.

12 besar

1. Tema : Lennon/McCartney Songs Book (TOP 12)

Minggu pertama 12 besar tidak berjalan sebaik yang direncanakan, David menyanyikan ”We Can Work It Out” dan ia melupakan beberapa baris lirik lagu tersebut. Walaupun akhirnya David dapat mengatasinya, juri pun tidak mengomentari cara menyanyi David yang sangat baik, tapi mengomentari bahwa selama ini David berada dalam paksaan dan tekanan orang lain saat memilih lagu. Akan tetapi pada versi studio yang dirilis oleh iTunes David terdengar sangat baik, dan lagu yang sesuai dengan usianya, setelah pada dua minggu sebelumnya ia menyanyikan lagu yang cukup dewasa dibandingkan dengan usianya yang masih 17 tahun. Isu yang beredar mengatakan bahwa pada minggu tersebut David memperoleh 47% total suara yang masuk.

2 Tema : The Beatles (TOP 11)

Berita-berita yang beredar di internet bahwa Management American Idol kesulitan memperoleh hak untuk menggunakan lagu-lagu The Beatles dalam show mereka akhirnya terpecahkan, setelah Yoko Ono menghubungi salah satu Eksekutif Produser American Idol dan mengatakan bahwa mereka boleh menggunakan lagu The Beatles. Yoko Ono akhirnya mengizinkan setelah ia melihat penampilan David saat menyanyikan Imagine. Maka minggu yang seharusnya bertema Tahun Kelahiran berubah tema menjadi The Beatles. Setelah gagal tampil sempurna pada saat menyanyikan ”We Can Work It Out” David bertekad untuk tampil sesempurna mungkin saat menyanyikan ” The Long And Windind Road”. Seperti biasa, David memperoleh pujian dari ketiga juri. David Archuleta pun secara resmi telah kembali menjadi ancaman bagi kontestan lain.

3. Tema : Musik dari Tahun Kelahiran (TOP 10)

David yang lahir pada tanggal 28 Desember 1990 memilih lagu milik John Farnham yang berjudul ”You’re The Voice” setelah pada tema musik tahun 1980an ia tidak memperoleh izin, maka kali ini David menerima lampu hijau dari American Idol untuk menyanyikan lagu tersebut. Sayangnya, komentar yang David peroleh tidak sesuai dengan yang diharapkan. Banyak hal yang mengakibatkan para juri tidak begitu menyukai penampilan David malam itu, salah satunya ialah karena David memilih lagu yang sama sekali tidak dikenal oleh masyarakat Amerika Serikat. Akan tetapi, karena telah memiliki fans yang banyak di seluruh dunia, maka David dapat dengan mudah melenggang ke 9 besar American Idol.

4. Tema : Dolly Parton’s songs (TOP9)

Musik Country pun menjadi tema berikutnya, American Idol mendatangkan Dolly Parton sebagain mentor para kontenstan. Pada minggu ini, David memilih untuk menyanyikan lagu ” Smoky Mountain Memories”. David lagi-lagi menuai pujian dari seluruh juri. Tak dapat dipungkiri bahwa remaja-tujuh-belas-tahun-bersuara-emas ini akan menjadi unggulan semua orang bahkan ia telah memiliki satu tiket di dua besar American Idol.

5. Tema : Lagu-lagu Inspirasi (TOP 8)

Setelah pilihan lagu yang tebatas pada minggu-minggu sebelumnya, maka pada minggu ini, para kontestan memiliki pilihan lagu yang lebih luas. Beberapa lagu yang dipertimbangkan David sebelum akhirnya David memilih menyanyikan lagu “Angels” milik Robbie Williams antara lain "When You Love Someone" milih Bryan Adams, "When You Say You Love Me" (Josh Groban), "World" (5 for Fighting), "God Bless the Broken Road" (Rascal Flats), "What a Wonderful World", "To Make You Feel My Love". Akhirnya David memutuskan menyanyikan Angels ditemani oleh piano. Maka penampilan ia kali ini menjadi penampilan keduanya menggunakan piano selama mengikuti Ameican Idol. Seperti biasa, para juri menyukai penampilan David. David pun dengan mudah lolos ke minggu berikutnya.

6. Tema : Lagu-lagu Mariah Carey (TOP 7)

Pada minggu ini David memilih lagu yang dinyanyikan oleh dua diva terbaik dunia yaitu lagu berjudul ”When You Believe” yang dipopulerkan oleh Mariah Carey dan Whitney Houston. David menyanyikan lagu yang sulit ini dengan nyaris sempurna, dan seperti biasanya memperoleh pujian dari ketiga juri. David pun telah menjamin satu tempat di 6 besar.

7. Tema : Andrew Llyod Webber (TOP 6)

ALW ialah komposer musik ternama di seluruh dunia, khusunya dalam musik Broadway atau Opera. Pada kesempatan ini, David memilih untuk menyanyikan lagu yang berasal dari Phantom Of The Opera, “Think Of Me”. Akan tetapi tidak semua juri menyukai penampilan David minggu ini, Simon mengomentari bahwa penampilannya mudah ditebak dan membosankan. Tentu saja komentar Simon disambut oleh nada ejekan dari penonton dan dua juri lainnya. Bagaimanapun, David berhasil mengubah lagu opera ini menjadi lebih pop dibandingkan versi aslinya.

8. Tema : Lagu-lagu Neil Diamond (TOP 5)

Setelah memasuki lima besar setiap kontestan diharusnya menyanyikan dua lagu. Setelah beberapa minggu selalu menyanyikan lagu-lagu yang dewasa, maka kali ini David memilih lagu yang memiliki tempo cepat dan lagu yang ceria, “Sweet Caroline” menjadi lagu pertama yang David nyanyikan, para juri kurang menyukai penampilan David kali ini. Lagu kedua David memilih “America” yang ia dedikasikan untuk ibunya yang merupakan imigran dari Honduras. Pada lagu kedua ini, David memperoleh komentar yang lebih baik dibandingkan dengan lagu pertama. Dapat disimpulkan bahwa minggu Neil Diamond ialah minggu yang dapat membuat seluruh fans David Archuleta dunia merasa tegang menanti hasil voting, walaupun pada akhirnya David dapat lolos ke fase berikutnya.

9. Tema : Rock and Roll Hall Of Fame (TOP 4)

Minggu ini David memilih untuk menyanyikan lagu romantis milik Elvis PresleyLove Me Tender” dan “Stand By Me” milik Ben E King. David memperoleh komentar yang sangat positif dari semua juri, bahkan Simon mengklaim bahwa David telah “menghancurkan” kompetisi dengan bernyanyi sangat baik. Akan tetapi sehari sesudahnya muncul isu yang tidak mengenakan mengenai David dan ayahnya. Hal tersebut dipicu oleh penambahan lirik lagu milik Sean Kingston. David memutuskan untuk menambahkan “ and all you beautiful girls” saat menyanyikan Stand By Me. Hasilnya, ayah David, Jeff, dilarang untuk menemani David saat memilih lagu, berlatih, dan mengaransemen lagu. Akan tetapi dengan penampilannya yang memukau David akhirnya memastikan tempat di tiga besar bersama David Cook dan Syesha Mercardo.

10. Tema : Lagu pilihan juri, diri sendiri, dan produser

Pada kesempatan kali ini Paula Abdul memilihkan lagu milik Billy Joel yang berjudul “And So It Goes”. Sedangakan David memilih lagu hit milik Chris Brown yang berjudul “With You”, para juri senang dengan keberanian David memilih lagu yang berbeda dari biasanya. Lagu ketiga ialah lagu yang dipilih oleh produser American Idol dan lagu yang dipilihkan untuk David ialah lagu yang menurut Simon ialah lagu untuk seseorang yang telah berusia 90 tahun, “Longer” milik Dan Fogelberg.
Pada minggu ini juga, David berkesempatan untuk mengunjungi Murray, Utah setelah kurang lebih empat bulan menetap di Los Angeles. Kedatangan David disambut dengan sangat meriah oleh seluruh fansnya, bahkan walikota Murray City, menetapkan tanggal 9 Mei 2008 sebagai “David Archuleta Day”. Walau para juri memprediksikan David akan dengan mudah lolos ke babak final, akan tetapi muncul banyak rumor bahwa produser American Idol sengaja memilih lagu “Longer” untuk menjatuhkan David walau faktanya David menyanyikan lagu tersebut dengan sangat baik.

FINAL : Pilihan Clive Davis, Lagu Baru , dan Pilihan Kontestan.

Untuk lagu pertama Clive Davis memilihkan lagu milik Elton John berjudul “Don’ Let The Sun Go Down On Me”. Penampilan David saat menyanyikan lagu ini secara resmi dinobatkan sebagai penampilan terbaiknya di American Idol musim ketujuh. Bahkan mungkin salah satu penampilan terbaik sepanjang sejarah American Idol.
Pada lagu kedua David memilih lagu “In This Moment” yang menjadi finalis dalam kompetisi penulis lagu di American Idol. David menyanyikan lagu ini dengan sangat baik, Simon bahkan berani mengklaim bahwa David memenangkan dua ronde pertama dari tiga ronde final. Sedangkan lagu ketiga David memilih karya emasnya yaitu “Imagine”. David sekali lagi membuktikan kemampuan vokalnya, bahkan ketiga juri sepakat bahwa vokal David ialah vokal terbaik sepanjang musim. Simon pun sekali lagi mengutarakan bahwa David Archuleta memenangkan malam itu.
Sayangnya hasil voting berbeda dengan pilihan rakyat Amerika, David Archuleta gagal menjadi juara setelah hanya memperoleh 44 juta suara, sedangkan sang juara David Cook memperoleh 56 juta suara. Akan tetapi penampilan David Archuleta pada malam itu yang berduet dengan OneRepublic menyanyikan lagu “Apologize” dianggap sebagai penampilan terbaik sepanjang musim, bahkan setelah tampil David Archuleta memperoleh standing ovation dari semua penonton dan juri.
Simon Fuller, sang kreator dari American Idol mengutarakan bahwa, pada musim ketujuh, American Idol memiliki dua juara yaitu, David Archuleta dan David Cook. Hanya saja David Cook berhak menggunakan titel juara.
  
Fans
Kumpulan fans David Archuleta sering disebut sebagai Arch Angels atau Archies. Selain itu fans David berasal dari berbagai negara di dunia. Indonesia salah satunya. David sangat menghargai fansnya, sebagai tandanya setiap selesai menampilkan sebuah lagu, David akan menyimpan tangannya di bagian atas dada sebagai tanda bahwa ia selalu mengingat dukungan para Arch Angels. Selain itu banyak sekali situs-situs yang didedikasikan untuk David Archuleta. Kebanyakan fansnya berasal dari Asia.

Setelah American Idol

Setelah final American Idol 2008, David Archuleta memperoleh kesempatan untuk tampil di berbagai acara diantaranya, “American Idol Extra”, “Larry King Live”, “MTV TRL”, “The Early Show”, “The View”, “The Today Show”, “Entertainment Weekly”, “Live With Regis and Kelly”, “The Morning Show With Mike and Juliet”, “Extra” dan beberapa acara TV lainnya. Selain itu, David Archuleta menjadi bintang iklan Guitar Hero. Ia dan David Cook meniru salah satu adengan yang dilakukan Tom Cruise dalam film Risky Bussines.
Pada 5 Juni 2008 secara resmi David mengumumkan bahwa dirinya sudah mengikat kontrak dengan Jive Records. Maka di Indonesia, album David Archuleta akan beredar dibawah bendera Sony BMG. Setelah resmi bergabung dengan Jive Records maka album pertama David direncanakan akan dijual kepasaran pada bulan Oktober atau November, sedangkan singelnya akan keluar dan tersedia untuk diunduh pada akhir Agustus.
Tiga lagu David yang ia nyanyikan saat final ”Dont Let The Sun Go Down On Me”, ”In This Moment” dan ”Imagine” temasuk dalam daftar 10 besar lagu yang diunduh melalui iTunes. Ketiga lagu tersebut juga masuk kedalam daftar Billboard Hot 100 berdasarkan data tanggal 7 Juni 2008, ”Imagine” berada di posisi #36, ”Don’t Let The Sun Go Down On Me” berada di posisi #58 dan pada posisi #60 terdapat lagu ”In This Moment”.
Selain itu lagu ”Longer”, ”Think Of Me”, dan ”Angels” masuk dalam daftar Billboard’s Bubbling Under Hot 100 Singels di posisi #15, #19 dan #24. Total lagu David Archuleta yang diunduh berdasarkan data pada Billboard tanggal 7 Juni 2008 ialah 323,000 unduhan. Dua lagu David Archuleta yang berjudul ”Angels In The Alleyway” dan ”The Most Beautiful Part” tersedia untuk dibeli di iTunes.
Walaupun hanya menjadi runner up, David mendapat perhatian yang luar biasa setelah American Idol. Kepopulerannya membuat ia muncul di beberapa artikel di situs-situs terkenal. Pada 21 Juni 2008 David menjadi tamu istimewa yang diundang untuk menghadiri World Premiere film tebaru milik Pixar berjudul Wall-E. Dan di event itu David mencuri perhatian wartawan dan selebritis lainnya yang menghadiri acara yang sama. Baru-baru ini, David terpilih menjadi Artist Of The Month untuk bulan Juli pada salah satu situs musik, Musiqtone.
Pada tanggal 1 Agustus 2008, singel pertama dari album pertama David yang akan dirilis pada 4 November 2008, diperdengarkan untuk pertama kalinya ke seluruh dunia melalui stasiun radio ternama di Amerika Serikat, Z100. Lagu dengan melodi yang sangat catchy dan bernuansa Pop RnB memang sangat sesuai dengan usia David dan menjadi ciri khas lagu Crush, selain tentunya menunjukan bahwa David can sing the phonebook. Lagu Crush akan tersedia untuk dibeli melalui iTunes Store pada 12 Agustus 2008. Tidak dapat diragukan lagi bahwa Crush akan menjadi #1 hits dan memperoleh platinum.

Oke,terimakasih ya kawan karena telah mendatangi situs ini. Semoga apa yang blogmon bagi ke kalian akan bermanfaat:) amin O:)
Dan terimakasih untuk wikipedia yang telah memberikan kesempatan pada blogmon untuk berbagi kembali tentang David Archuleta:)
Salam Blogmoners!

http://id.wikipedia.org/wiki/David_Archuleta
dan majalah Top Idol

You Might Also Like

0 Comment

Google+ Badge

Diberdayakan oleh Blogger.

Total Pageviews

I≧◔◡◔≦

I≧◔◡◔≦

Like us

Custom Featured

Featured Post

featured Slider

Popular Posts

Followersღ

Popular Posts

Like me on Facebook